Satu jam bersama Ersis

ketika lagi serius mengukur-ngukur cuaca dan menghitung – hitung kemungkinan hujan tumpah sehingga saya dapat memutuskan sebaiknya keluar untuk membeli Minyak tanah atau tidak, HP saya menjerit. Suara tegas dari seberang itu meminta saya menunggu, karena akan dijemput. ” saya sedang meluncur ini…,nganggur kan? ikut saya ke Banjarmasin !
Seketika kesadaran saya kacau. Cukup lama juga saya Loading, soalnya saya belum pernah berkomunikasi dalam konteks Face To Face dengan si pemilik suara tadi. saya merasa terlibat dalam situasi yang sangat penting bersama orang yang juga tak kalah penting. saya demam pangung. Psikologi yang dialami oleh orang yang baru terjun ke suatu pentas untuk pertama kalinya.Saya harus ngerewin berkali-kali sebelum akhirnya menyanggupi untuk diculik ke Banjarmasin.
oh, ya, saya lupa, Orang tadi itu Ersis warmansyah abbas.The Founder Of EWT.

***

Rupanya ini masih tentang Bundelan kertas-kertas usang tulisan saya yang akhirnya diterbitkan oleh Penerbit Serambi, jakarta melalui lini penerbitannya, Zaman, sebagai novel dengan judul yang menggetarkan ” jazirah Cinta.” Roman yang menurut mas kurniawan abdullah-Kepala Departemen Penyuntingan naskah Penerbit Serambi, yang telah meloloskan naskah Dan Brown, The Da Vinci Code – sebagai novel yang sangat potensial dibanding novel-novel bertema serupa ( jangan percaya, saya sedang promosi ), meski saya juga berani bertaruh Orang – orang seperti pak ersis, Sandi firly, Aliansyah Jumbawuya, pak suhadi dll, hanya memerlukan waktu kurang dari 2 bulan untuk melakukan hal yang serupa, asalkan mereka berstatus Free.

Waktu Lowong, itulah rahasianya. Saya seorang Pengangguran ketika saya menyelesaikan novel itu dalam 3 Bulan. sampai saat ini pun saya masih luntang – lantung ra karukaruan. saya mempunyai waktu yang lebih panjang dari orang lain untuk berintim ria dengan diri saya.Bukanlah surprise kan jika orang yang banyak melamun dan menguap seperti saya, akhirnya bosan dengan stagnasi hari – hari, kemudian iseng-iseng ngambil kertas untuk dicatat ala kadarnya ?
Dinamakan kejutan itu, adalah jika orang seperti, misalnya Mas Taufiqqurahman, yang  pengajar SMAN 5 itu, yang sangat sibuk bergelut dengan segala hardware dan software dunia pendidikan itu, mampu mencuri kesempatan untuk menulis novel.
So, Waktu lowong dan keinginan kuat. That’s All.

Sore itu, Saya gak berani jauh – jauh dari pak Ersis. Saya ga punya uang taksi untuk kembali. Pilihannya ya cuma itu tadi, ikut pak Ersis wherever his go. Pun ketika beliau masuk ruangan untuk memberi kuliah tentang Pengembangan  Kurikulum.Saya tamu merangkap asisten dosen sehari. Luar Biasa cara Pak  Ersis menguasai kelas. Beliau seseorang yang sangat paham tentang konsep komunikasi dua arah.  Ahli dalam seni penyampaian.Piawai membolak – balik atmosfir dan suasana. Jagoan narik – ulur tema. Mimik,Gestur, dan gerak tubuh sinkron dengan segala retorika beliau. Bahkan ketika beliau ‘membantai’ hasil tugas dari seorang anak didik yang cantik, Ekspresi dan Emosi beliau tetap ga cedera.
Di rentang waktu pentransferan ilmu itu,baru saya sadar, saya berhadapan dengan Ersis seutuh-utuhnya.

sebenarnya, saya agak ga enak.Soalnya di edisi kemarin beliau nyindir-nyindir masalah lontong. Lha, koq pulangnya malahan saya yang ditraktir beliau di sebuah restoran dengan pelayanan akrobatik. menyusun puluhan piring dalam sekali antar. saya Umpat Maem.Ga senonoh juga kan kalo saya yang kere,mbosi beliau.  Mana berani saya. He..he..
Memang betul kata iklan : Ersis, Gsm yang baik.

35 pemikiran pada “Satu jam bersama Ersis

  1. Satu lagi crita tentang ke-hebatan-an pak Ersis..:D walapun gak pernah ketemu orangnya tapi tau dari media terutama inet bahwa beliau memang kesohor khususnya bidang tulis menulis (dilihat dari buku2 karangan beliau)…..Aw. Jazirah Cinta??…Jadi penasaran, udah saya catet, karena sini jauh dari kota, nanti minta tolong dibeliin temen…..Hmmm ternyata Banjar Baru tempat berkumpulnya jago-jago “nulis”……

  2. Wah…pengalaman yang sangan menarik,bertemu langsung dengan orang yang paling terkenal jago nulis,dan yakin anda juga seorang jago nulis.Thanks bisa mengenal pribadi anda yang luar biasa.

    Thanks sudah mampir kerumah maya saya,yang tak ada apa-apanya…walaupun kedatangan anda karenna desakan orang-orang yang berdemonstrasi ,unjuk rasa,diluar sana…hingga membuat anda salah masuk ruang,dan masuk kerumah maya saya…

    Kunjungan anda,walaupun terpaksa (kan didorong…)…bagi saya pribadi,adalah sanjungan dan hadiah terindah dari Tuhan dalam mengisi akhir pekan dan akhir tahun.

    Thanks!

  3. Huaha..ha.. Uenak tenan (tulisan pian, mas ai). Renyah, gitu. Perkara pak ERsis, memang kita gak boleh ntraktir. Contohnya saya. Kalau ketemu sidin, selalu saya… yang ditraktir. Mungkin tau ya, fakir gak boleh traktir…he..he..
    Salam hangat. Jadi pengen ketemu mas Randu, kalau ke Banjar…:mrgreen:

  4. Lho! Tadi kayaknya saya yang pertamax? Tahu-tahu mbrudul bareng… ada mbak Rita, mas Indra, mbak Lina. Apa-apaan ini. Wah saya dong yang duluan…😀

  5. @ Rita : Iya. Makasih kunjungannya. Maaf ga bisa nyangui…
    @ indra1082 : Ga nak. Bapak dah tua gini, yang dorong tuh, orang yang kasi komen di atas ni*nunjuk keatas*
    @kweklina : Terima Kasih. Moga -moga Akhir tahun anda ga suram karena sudah ngunjungi tempat ini. Makasih.
    @Hejis :Wah..Karena anda ngunjung dua kali, saya jadi ga enak ni. Anda mau minta disangui kan ? Yo wes tak sangui * Nyisipkan limapuluhribuan di kantong*
    Jangan boros- boros ya…

  6. Kunjungan perdana salam kenal mas randu..
    Wah wah enak ya bisa ketemu sama pak EWA..
    Sie juga mauu xixixi..
    Mestinya mas randu foto bareng buat kenang kenangan..

    Pak EWA emang top abiz deh udah baik,rendah hati, gak pelit lagi
    *muji muji biar ditraktir*

    Sukses ya buat mas randu!
    Salam ^^v

  7. whalah, njenengan beruntung sudah ditraktir Pak Ersis , Pak Randu. lha saya ini nungguin ditraktir buku, yang (katanya, hehe…) dikirim kok ya tak datang jua.

    kalo ada kesemptan, ke Semarang pak. nanti tak traktir Soto Bangkong.🙂

  8. Saya juga belum pernah ketemu Pak Ersis, kalau ada kesempatan ketemu, saya harus ngomong mulai mana ya?

    (Berulang kali menatap screen, ada pak suhadi dideretkan dengan nama-nama besar seperti sandi firly, aliansyah jumbawuya, dan ersis WA, itu bukan saya kan pak?) comment by: http://www.gakfokus.com

  9. Saya terharu ketika banyak orang bisa bertemu penerbit. Selamat pak….saat ini saya baru kenal beliau lewat komeng….saya beruntung bisa dapat komeng dari beliau…titip salam dari kami pak kalau nanti ketemu lagi….yo….

  10. ini pak de mau ngaterin wedang teh jahe yang tadi blom sempat disruput lantaran sudah keburu ngacir dari rumah saya…🙂

    eh mau tuh pak klo udah ada bukunya jazirah cinta,klo dikasih pengarangnya langsungkan lebih legit rasanya waktu dibaca🙂

    monggo ditunggu buat mampir rumah saya lagi

    dunianyawira

  11. waduh bapak yang satu ini. suka kedorong2 sampe masuk ke rumah saya hehehehe
    tapi seneng dah mampir.

    critanya unik pak. memang ersis gsm yang baik, yang kaya di iklan itu kan hahahahaha..

    salam kenal.

  12. Salam kenal mas…
    Pa ersis memang baek mas..saya aja dl pernah dikasih uang yg lumayan lh jumlah y buat ke warnet..biar trus belajar nge blog n nulis…nah..tau kan mas randu gaya pa ersis ngajar..asyik banget.!!senang deh sdh melihat muka mas randu penulis jazirah cinta….entar kalo buku nya sudah ada sumbangin saya satu mas ny..plus tanda tangan kalau perlu foto ny (becanda..hehe)…makasih atas kunjungan y mas..

  13. @Goenoeng : Wah InsyaAllah, Pak Makasih atas niatnya.
    @Taufiq79 : Kan sudah tadi siang ditraktir sidin.
    @ Suhadi : Gimana Pak perjalanan pulangnya ?
    @Rizky : Iya. Insya Allah.
    @ Guswan 76 :Ersis memang Huibat pak.
    @TheKRY : Makasih atas kunjungannya Pak.
    @Setiawan Wira : Oh iya pak, jadi malu nah..main ngloyor pergi aja saya kemarin
    @OktaEndy : Iya. Kalau liat kalian, Bapak jadi ingat masa muda dulu. Pernah bahagia…
    @Asmia : Wah,kehutan, eh..kejutam, kalo ada orang cantik mampir kesini.Iya. Insya Allah.Salam Kenal

  14. Awalnya membaca dengan senyuman sembari mengangguk-anggukkan kepala. Tapi begitu di tebing tulisan, ngakak bukan main ketika membaca kalimat:

    “Memang betul kata iklan : Ersis, Gsm yang baik.”

    Haha! Ada-ada saja.

  15. Ass.

    Seneng banget kemarin (Minggu,21 Desember 2008) dapat kesempatan silaturahim dan diskusi dengan penulis2 hebat.

    Yach.. sosok Mas Randu, Bang Ali, Pak Ersis dan Pak Suhadi semakin menambah “ghirah” dech. Moga kedepan kita bisa ketemuan offline lagi ya.

    BTW… blog saya revisi judul “(Kada) Sahibar Corat-Coret”, gmana?? hehe

  16. permisi, numpang lewat…
    EWA sering dengar namanya dari pak Zul… tapi belum tahu orangnya… Sepertinya seru juga komunitas penulisan di banjar…

    konfirmasi nih. Apa pak randu pernah nulis di guess book blog saya?

    Salam
    fh

  17. WOW😯

    blok tingkat tinggi nih, komen2nya juga tinggkat tinggi tokoh2nya pun tingkat tinggi sampe2 gw nggak ada yg kenal, ck ck ck….. kecian y gw?! kalo ngemeng2 bacaan kek gini, musti konsultasi dolo ma bini nih, kalo gw mah taunya PWT (Posting Without Theory)

    gw minder😳

  18. @SIge : Bukan Kaum Jurnalis, Bli, Kaum sesat mah iya…
    @taufiq79 : Ekselen. Bagus. (Kada) Sahibar Corat-coret)
    @FarahHidayati : Wah Sang Novelis kondang ada disini ni…Gmana Kabar Jakarta Mbak ? Makin Sumpek? Banjar sama haja nah…Thanks karena dah mesms.
    @Jiwa Musik :Salam Kenal, Terima Kasih. Tingkat tinggi apanya Mas? Sampeyan dimana ni ?

  19. @ Rizky : Terima kasih atas kunjungannya. Berapa kali hayo…?
    @mercuryFalling : Ma Kasih, avatarnya bagus…
    @Rindu : Kapanpun. Dimanapun. kokakola. Makasih Rindu atas kunjungannya. Sering – sering aja ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s